Profile

Tentang IPG(Ikatan Perantau Glempang)

SEJARAH IPG (IKATAN PERANTAU GLEMPANG)

Pada tanggal 28 Romadhon 1429 H, Seluruh pemuda dan berbagai elemen masyarakt desa Glempang mengadakan musyawarah yang diadakan di masjid “Nurul hikmah” yang tema dari musyawarah tersebut yaitu membentuk organisasi masyarakat, dari hasil rapat tersebut di sepakati untuk didirikan sebuah organisasi masyarakat yang di beri nama “ IPG” ikatan perantau glempang.
Adapun ide dari pendirian IPG tersebut yaitu didasari pada keadaan dan kondisi desa Glempang yang 90% pemuda dan kepala keluarganya merupakan perantau, terutama berdomisili di Jakarta dan sebagian kecil di kota-kota besar di Indonesia.
Dan keprihatinan dari kami warga perantau adalah melihat keadaan di desa yang cenderung terabaikan, sehingga banyak sekali bangunan sarana ibadah dan sarana pendidikan serta bangunan-bangunan lainya sangat tidak terurus, hal itu terjadi karena sebagian besar warga Glempang sebagai perantau dan terkesan sifat individualisme sebagai warga perantau mulai nampak, dan sikap masa bodoh dengan kondisi di daerahnya sendiri, oleh sebab yang demikian kemudian sekelompok pemuda mulai bergabung dan menuangkan ide-ide untuk membuat sebuah organisasi atau ikatan sesama warga perantau, dan kemudian ide-ide tersebut kami kembangkan menjadi sebuah topik bahasan dalam forum rempug masyarakat desa Glempang. Dan kemudian fuji syukur kepada Alloh niat dan tekad baik kami terwujud dengan didirikan sebuah organisasi masyarakat yang kami sebut IPG (ikatan perantau Glempang).
Dari hasil musyawarah IPG selanjutnya, kami membuat program-program kerja yang di kategorikan menjadi 2 (dua) program yaitu :
1. Fisik
2. Non fisik
Kegiatan atau program fisik adalah meliputi kegiatan untuk tujuan membuat sarana bangunan ibadah dan perawatanya, bangunan pendidikan dan perawatanya serta pembuatan kolam untuk umum serta perbaikan irigasi dan pembuatan MCK untuk umum dan masih banyak lagi yang perlu dibenahi dan direhab.
Kegiatan non fisik adalah meliputi kegiatan-kegiatan rohani seperti halnya pengajian halal bihalal, isro mi’roj, maulud nabi, serta qiroah dan beberapa program-program pengembangan SDM untuk warga Glempang.
Adapun sumber dana untuk mensukseskan dari program-program yang telah kami bentuk adalah dengan dikenakan iuran wajib untuk semua anggota perantau yang di tetapkan Rp 5000,- untuk setiap anggota IPG, dan iuran-iuran tambahan untuk setiap kegiatan yang berbentuk non fisik.

Wassalam

Di tulis oleh

Nurkholik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s